Kalibrasi Baterai HTC Desire

Android, HTC Desire, Tips & Trick

Nggak terasa udah lebih dari dua tahun Gue memiliki si ‘Desi’ yang selalu menemani di saat suka maupun duka (#halah). Ini smartphone bukan smartphone biasa karena beberapa kali jatuh bangun, dijejali berbagai macam sistem operasi hingga nyebur ke kolam masih juga bertahan hingga detik ini.

Bukan mau promosi tapi itu kisah asli.

HTC Desire dilengkapi dengan baterai 1400 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu dia diklaim mampu stand by selama 340 jam dalam sinyal 2G atau 360 jam dalam sinyal 3G. Memang pada awalnya klaim tersebut hampir tepat (meskipun tergantung kondisi sinyal juga sih). Namun, ternyata yang namanya ‘U’ memang tidak dapat dibohongi. Bahkan dengan pemakaian normal +-10 jam sehari dan selalu men-charge dengan baik tidak dapat menolong daya tahan baterai itu sendiri. Memang sih sudah menjadi hukum alam kalau umur baterai tergantung dari dua hal: berapa banyak di-charge dan sebaik apa kualitas Anda men-charge. Gue tipikal orang yang apik merawat barang, apalagi anak dan bini😀. So, anggaplah Gue sudah merawat si Desi dengan baik namun apa daya baterai tetap drop, hiks..

Nah, dari artikel di mari ada cara untuk mengembalikan performa baterai kembali seperti semula pada saat awal beli yang disebut kalibrasi. Cara ini tidak berlaku bagi baterai yang sudah mengalami kebocoran sel atau ‘hamil (baca: gendut, gembung). Kalau sudah seperti itu ya memang nasib harus beli baterai baru namanya. Cara melakukan kalibrasi baterai adalah sebagai berikut:

  1. Dalam kondisi nyala, colok charger ke HP kemudian charging hingga penuh yang ditandai dengan LED hijau
  2. Cabut charger kemudian matikan HP
  3. Dalam kondisi mati, colok charger ke HP kemudian charging hingga penuh
  4. Cabut charger, kemudian nyalakan HP
  5. Setelah nyala, kemudian matikan kembali HP, colok charger ke HP kemudian charging hingga penuh
  6. Cabut charger kemudian nyalakan HP dan gunakan seperti biasa

Coba bandingkan hasil setelah melakukan kalibrasi dengan sebelumnya. Ada perbedaan? Jika iya, ketahanan baterai kembali seperti semula maka Anda telah berhasil melakukan kalibrasi. Namun jika tidak ada sama sekali berarti Anda memang harus beli baterai baru🙂

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s