Konfigurasi Dasar Cisco Router Menggunakan GNS #1

Network

Gue akan coba sharing basic knowledge untuk setting Cisco Router. Tujuan dari sharing ini tidak lepas dan tidak bukan supaya ilmu gue tetap terikat seperti slogan di tempat training gue, “ Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya”, hehe.

Aplikasi yang gue gunakan adalah GNS (Graphics Network Simulator). GNS merupakan webview atau GUI untuk mensimulasikan desain perangkat jaringan dari dasar hingga kompleks sekalipun. Menggunakan emulator Dynamips, menjadikan GNS merupakan salah satu aplikasi IOS Simulator yang cukup bisa diandalkan selain produk aplikasi buatan Cisco, Paket Tracer.

Untuk dapat mengunduh aplikasi GNS silahkan langsung tanya ke opah Google. Sedangkan untuk IOS bisa didapatkan dari Engineer Cisco atau forum-forum tentang networking. Sukur2 kalau bisa nemu via opah Google juga.

Setelah mengunduh installer GNS, kita bisa langsung mengetes emulator Dynamips apakah sudah bekerja dengan baik atau tidak.

Caranya adalah masuk Edit –> Preferences –> Dynamips –> Test settings

Apabila sudah ada kalimat ‘Successfully started” artinya Dynamips sudah dapat digunakan. Selanjutnya adalah menentukan DB untuk IOS, caranya masuk Edit –> IOS image and hypervisor. Tentukan lokasi IOS berada kemudian tentukan Idle PC.

Kenapa kita harus menentukan nilai Idle PC? karena secara default GNS menggunakan seluruh resource PC sehingga sangatlah membebankan processor. Di samping itu aplikasi lainnya juga akan menjadi tidak responsif. Lalu bagaimana cara menentukan Idle PC yang tepat untuk PC kita?

Oh ya, nilai Idle PC masing-masing PC tidaklah sama. Jadi artinya apabila kita menggunakan nilai Idle PC yang digunakan oleh PC lain maka hasilnya tidak akan optimal.

Di artikel selanjutnya kita akan bahas cara menentukan nilai Idle PC.

So, stay tune ya guys Smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s