Upgrade Chip SIMCARD I am Tri

Computer, Information

Memotong postingan sebelumnya tentang masalah RAID, sekarang Saya akan berbagi pengalaman mengenai Upgrade SIMCARD I-emTri.

Berawal dari kebutuhan bertransaksi untuk dua bank swasta, Bank Mandiri dan Bank BCA, Saya mulai mempertimbangkan untuk menggunakan M-Banking sebagai complementary Internet Banking. Selain lebih mudah ketimbang SMS Banking (yang harus hapal kode transaksi dan memotong banyak pulsa), M-Banking juga menawarkan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Internet Banking dan SMS Banking, yaitu transaksi antar beda bank via 3rd services tanpa fitur RTGS/Kliring sehingga lebih hemat biaya.

Contoh, bila transaksi transfer dana dari Bank Mandiri ke Bank BCA menggunakan Internet Banking maka Anda hanya akan ditawarkan pilihan mau transfer via RTGS / Kliring dan membutuhkan biaya 25rb (RTGS) & +– 10rb (Kliring). Lebih parah lagi jika menggunakan SMS Banking, maka Anda tidak akan bisa melakukan transaksi jenis ini. Akan tetapi jika menggunakan M-Banking, maka transaksi hanya akan dipotong 5rb saja karena transaksi dilakukan via jaringan PRIMA (kedua Bank tsb adalah membernya).

Perlu diketahui bahwa M-Banking & SMS Banking adalah tidak sama. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa perbedaan SMS Banking dan M-Banking. Pingin tahu? silahkan Anda googling sendiri ya😀

Ketika pertama kali ingin menggunakan fitur M-Banking, Saya langsung mengecek apakah provider I-emTri support untuk layanan tersebut. Adalah fitur emTri –Access yang merupakan fitur layanan yang terintegrasi dalam sebuah Simcard.

Ketika Saya cek ternyata fitur M-Banking tidak tersedia. Padahal di provider yang sama namun dengan nomor telepon yang berbeda Saya menemukan ada fitur M-Banking yang terintegrasi (liat hape punya Bini). Hmm… sepertinya ada yang aneh dengan Simcard Saya nih..

Screenshot-1339843175085

Screenshot-1339843187821

Berbekal informasi yang Saya dapat dari Bini, segera saya datangi Galeri Indosat untuk menanyakan bagaimana cara mengaktifkan fitur M-Banking tsb. Saya-pun pergi menuju Galeri Indosat di Jakarta Timur, Jl Pemuda. Sesampainya di sana Saya langsung bergegas masuk dan mengambil nomor antrian. Tidak sampai 10 menit menunggu Saya akhirnya dipanggil ke counter no. 4. Acha nama Customer Services yang melayani Saya.

“Selamat siang Pak, Saya Acha, ada yang bisa Saya bantu?” ucapnya seraya tersenyum sebagai standar cara menyapa pelanggan.

“Selamat siang Mba, Saya ingin menanyakan terkait fitur M-Banking yang terdapat pada layanan emTri Access. Kenapa di kartu Saya tidak ada ya Mba?” sembari Saya duduk.

Dia pun menjawab, “Oh kalo itu Simcard bapak harus kami upgrade menu emTri Access nya agar menu M-Banking nya dapat muncul.”

“Loh kenapa harus seperti itu Mba? bukannya sudah menjadi fitur standar yang ada di layanan emTri Access?” kata Saya dengan penuh tanda tanya.

“Tidak pak, layanan M-Banking hanya terintegrasi di Simcard khusus saja. Di kartu perdana yang beredar saat ini saja belum tentu ada menu M-Banking nya,” jawabnya.

“Oh, begitu yah.. oke Saya mengerti.”

Tidak berselang lama saya diberikan dokumen berisi pernyataan mengenai kelengkapan data diri dan menyetujui penambahan fitur M-Banking pada Simcard yang baru.

IMG_20120616_142650

Ya benar, Saya diberikan Simcard baru. So, artinya Simcard yang lama akan pensiun

Berikut penampakan Simcard Saya versi lawas: I-emTri Semart. Saya beli nomor ini sekitar tahun 2002. So its been almost 10 years used.

IMG_20120616_174505

Jargon lawas “No Limits”

IMG_20120616_174612

Bandingkan dengan ‘tampang’ baru Simcard I-ndosat.

IMG_20120616_173445

Dominan warna kuning

IMG_20120616_173833

Hanya ada I amTri, Men-tari & I amTu. Where is the other?

Setelah diberikan Simcard yang baru, Saya segera mengaktifkannya dan mengecek fitur M-Banking yang tersedia pada SIM Toolkit.

Dan hasilnya…

Screenshot-1339745662747

Hore! layanan M-Banking sudah ada di ponsel Saya. Mari Kita lihat ada berapa bank yang support untuk M-Banking I-ndosat.

Screenshot-1339745650072

Yah, ternyata tidak seperti yang Saya harapkan. Tadinya Saya sempat berfikir bahwa M-Banking pada Simcard yang baru dapat support dari banyak bank. Namun hanya empat bank saja, Bank BCA, Mandiri, Permata dan MEGA. Saya pun bertanya kepada CS apakah bisa upgrade untuk menambah daftar bank atau tidak. CS tersebut menjelaskan bahwa untuk sementara ini hanya support empat bank tersebut. Well setidaknya tiga dari empat M-Banking tersebut Saya gunakan.

Untuk dapat menggunakan M-Banking Kita harus daftar via ATM terlebih dahulu. Di ATM Kita diminta untuk menginputkan nomor ponsel yang akan digunakan untuk M-banking dan PIN yang akan digunakan untuk bertransaksi via M-Banking. Setelah sukses mendaftarkan nomor tersebut Anda harus mengaktifkan fitur M-Banking pada ponsel Anda jika ingin melakukan transaksi, jika tidak maka Anda hanya dapat melakukan aktifitas yang sifatnya non-transaksi, misalnya cek saldo.

Berikut adalah cara untuk aktifasi M-Banking bank BCA.

1. Masuk ke menu M-Banking lalu pilih m-BCA

2. Ada lima option pada menu utama M-Banking BCA, pilih m-Admin

Screenshot-1339841767319

3. Pilih Aktivasi

Screenshot-1339841778644

4. Kemudian Anda ditampilkan pada persetujuan untuk menggunakan layanan M-Banking pada ponsel tersebut, pilih OK

Screenshot-1339841802555

5. Kemudian Anda diminta untuk memasukkan 16 digit nomer kartu ATM dan 6 digit PIN M-Banking yang Anda buat pada saat daftar di ATM.

Selesai. Silahkan Anda mencoba untuk melakukan transaksi.

Demikian postingan kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua yang menginginkan fitur M-Banking pada kartu I-ndosat.

3 pemikiran pada “Upgrade Chip SIMCARD I am Tri

  1. wah sayang ya, kalo harus ganti nomer, kirain hanya diinstal doang lalu ada m-bankingnya heheh, untung mentariku sudah ada m-bankingnya,,… selamat berbisnis..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s