Percepat Web Surfing Menggunakan Namebench

Information, Tips & Trick

DNSPernahkah Anda mendapati ketika membuka suatu halaman membutuhkan waktu bermenit-menit atau bahkan sering page loading error? Oh, mungkin saja halaman yang Anda minta sedang maintenance server atau kelebihan kapasitas. Tapi Anda yakin bahwa halaman tersebut tidak ada masalah namun sulit sekali untuk mengaksesnya. Padahal layanan dedicated line sungguh menjanjikan kecepatan. Yap, hal itu sungguh menyebalkan. Ternyata ada yang salah dengan konfigurasi DNS Anda.

Loh, apa hubungannya DNS dengan kecepatan akses internet untuk browsing?

Intermezzo dulu ya.

Setiap alamat internet yang ada di jagat bumi ini memiliki nama lain, yaitu DNS (Domain Name System). DNS meng-encode (menerjemahkan) nama domain menjadi sekumpulan protokol IP yang menghubungkan antar server domain, server hosting, server proxy dsb. Pengguna internet dimudahkan untuk menulis alamat tersebut hanya dengan mengetikkan beberapa kata saja, misalnya www.google.com atau www.yahoo.com. Coba Anda bayangkan bagaimana jika untuk menuliskan sebuah alamat internet diwajibkan menulis kombinasi IP address 64.15.4.34 untuk merujuk ke Google dan 18.34.78.3 untuk merujuk ke Yahoo. Maka sangatlah sukar untuk menghapal beberapa alamat sekaligus. Oleh karena itu, bersyukurlah bahwa ada teknologi DNS.

Off to the topic.

Pada dasarnya setiap ISP memiliki server DNS-nya masing-masing. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet tentunya juga mempunyai kemampuan, kecepatan, speseifikasi, dan lama cache tersediri. Adakalanya Server DNS ini drop karena padatnya Trafik DNS server suatu ISP. Sehingga menyebabkan lambannya query atau proses request. Jadi bila terjadi gangguan pada Server DNS suatu ISP, maka pada saat Anda akan membuka website menggunakan browser seperti mozila, Firefox, Opera, Flock, Safari dan sebagainya, maka akan terasa lebih lambat bahkan terjadi konfirmasi error atau not found pada browser.

Meskipun tiap ISP sudah menetapkan konfigurasi IP DNS khusus yang disarankan, Anda dapat menggantinya dengan DNS alternatif. Namun jangan salah menentukan konfigurasi DNS. Alih-alih mendapatkan kecepatan yang cepat, justru malah sering timed out.

Ingat! posisi menentukan prestasi.

Lalu bagaimana menentukan DNS yang benar-benar efektif untuk komputer Anda?

Google DNS & OpenDNS memang masih merajai tahta tertingi dalam pemakaian DNS server. Jaminan keamanan, kecepatan dan kenyamanan akses internet tidak bisa dipungkiri lagi. Tapiii.. jika dirasa masih kurang greget, Anda dapat mencoba salah satu projek Google code, yaitu namebench. Namebench memungkinkan untuk mencari server DNS yang terdekat dan tercepat yang siap digunakan oleh komputer Anda. Berikut petikan yang diambil dari site resminya:

Are you a power-user with 5 minutes to spare? Do you want a faster internet experience?

Try out namebench. It hunts down the fastest DNS servers available for your computer to use. namebench runs a fair and thorough benchmark using your web browser history, tcpdump output, or standardized datasets in order to provide an individualized recommendation. namebench is completely free and does not modify your system in any way. This project began as a 20% project at Google.

namebench runs on Mac OS X, Windows, and UNIX, and is available with a graphical user interface as well as a command-line interface.

Namebench ternyata aplikasi multi-platform juga! dan pastinya juga free karena sifatnya open source. Anda hanya perlu mengunduh installernya dan menginstalnya di komputer tanpa perlu melakukan perubahan sistem. Setelah itu jalankan Benchmark utility untuk mengukur kecepatan DNS yang paling cepat untuk komputer Anda.

Untuk mengunduh installernya, silahkan kesini.

Selamat menjelajahi internet tanpa batas!~

 

PS: Perubahan DNS server tidak memberikan pengaruh yang signifikan untuk mengunduh, mengunggah dan streaming.

6 pemikiran pada “Percepat Web Surfing Menggunakan Namebench

  1. mantap gan,ini yang saya cari sekalian nanya gan,saya buka halaman web tertentu misal A pasti ga bisa ke buka kenapa ya gan,eror atau server not found kenapa ya gan,padahal kl pk hp bs masuk,please knp ya gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s