Hamachi

Information

I’m back again. Setelah seminggu berkutat dengan kerjaan yang menyita banyak waktu, tapi gue masih mampu membuat artikel sederhana yang mudah-mudahan berguna buat lo-lo semua, khususnya IT engineer (secara kerjaan gue juga sebagai seorang IT, tapi kacangan).

Lanjot. Ah, emang yang namanya IT kalo udah kerja ga mandang waktu deh. Hari biasa kerja sampai berbusa. Giliran libur masih juga dipanggil buat benerin inilah, itulah, apalah itu, itulah apa, bla..bla..bla.. PUSING!! ~_~ (nah, kok jadi curhat?). Begini loh, pernah suatu ketika gue dapet persoalan yang kurang lebih seperti ini kasusnya. “Don, kamu ke kantor ya sekarang soalnya ada aplikasi yang error nih”. Oh man, masa iya gue jauh2 ke kantor cuma buat benerin aplikasi yang notabene kerusakan software doank.

Oh, andai saja gue bisa remote tuh komputer dari rumah tanpa perlu repot2 ke kantor.

Nah, berawal dari permasalahan tersebut, gue coba cari jawaban lewat paman gugel. Sempet nyoba aplikasi yang bernama Teamviewer selama satu bulan pertama, tapi seterusnya musti tahan napas karena masa trial-nya udah abis . Sebenernya pengen nge-review aplikasi ini juga sih, tapi belum sempet jadi Hamachi dulu aja deh.

Lalu sekarang kita mulai ke pembahasan utama, yaitu software yang bernama Hamachi. Menurut situs pengembangnya, Hamachi dapat dijelaskan seperti berikut;

Simply

LogMeIn Hamachi² is a hosted VPN service that securely connects devices and networks, extending LAN-like network connectivity to mobile users, distributed teams and business applications. You can easily create secure virtual networks on demand, across public and private networks.

Nah, itu dia. Ngerti ga? ga ngerti? yah payah ni. Gini loh, hamachi merupakan teknologi networking yang menyediakan hubungan 2 komputer melalui jaringan internet. Base software mengunakan UDP untuk Virtual Private Networking (VPN) sistem. Apa saja yang dapat digunakan koneksi internet, sama seperti hubungan antara computer hanya pada Hamachi software kedua komputer harus menginstall aplikasi tersebut. Hamachi membantu untuk pembuatan central server yang dapat diakses oleh komputer lain. (thx to Obengware buat penjelasannya).

Hamachi5

Topologi VPN secara umum

Tidak seperti VPN pada umumnya, Hamachi dapat digunakan secara cepat dan mudah karena;

  1. Tidak membutuhkan hardware tambahan
  2. Koneksi yang terenkripsi dengan baik
  3. Koneksi yang fleksibel
  4. Manajemen tanpa batas ruang dan waktu
  5. Free for non-commercial usage alias G.R.A.T.I.S untuk pengguna individual (bukan komersil ya)

Ada dua versi yang ditawarkan oleh Hamachi Inc. Pertama adalah free atau gratis dengan pembatasan jumlah klien sebanyak 16 akun. Sedangkan untuk yang komersial alias versi berbayarnya mendukung hingga 256 klien!.

About Hamachi

Prinsip kerja Hamachi

Sebenarnya prinsip kerja Hamachi sangat simpel. Setelah anda login maka anda akan mendapatkan IP khusus yang dapat digunakan antar pemakai aplikasi Hamachi via internet. Anda juga dibolehkan untuk memberi nick/nama pada aplikasi anda layaknya sebuah program messenger serta melihat siapa saja yang online menggunakan aplikasi Hamachi (namun dengan catatan bahwa anda sudah tergabung dalam suatu grup).

Hamachi

Tampilan Utama Aplikasi Hamachi

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa range IP yang diberikan oleh Hamachi adalah 5.144.XXX.XXX dan aplikasi masih dalam keadaan Offline atau belum terhubung ke Internet.

Hamachi Normal

Tampilan Hamachi setelah tergabung dalam sebuah grup

Setelah online, tampilan akan langsung berubah dengan terlihatnya indikator berwarna hijau pada samping kiri IP/nick anda. Apabila indikator masih kedap-kedip, ada tanda seru dan berwarna merah itu tandanya koneksi VPN belum dapat tersambung dengan baik. Gambar diatas memperlihatkan aplikasi Hamachi dengan klien Workaholic sudah tergabung dalam sebuah grup yang beranggotakan 4 klien dan tiga diantaranya sedang offline.

Walaupun sebuah computer tanpa Public IP, dengan Hamachi maka sebuah computer dapat di access seperti memiliki Public IP. Bukan untuk melebih lebihkan kemampuan software ini, fungsi software sebagai Virtual Network sangat berguna bagi para IT untuk melakukan koneksi computer melalui Internet. Computer dapat difungsikan secara penuh seperti cara Virtual Network melalui jaringan internet. Dengan Hamachi software maka sebuah PC akan dapat di access melalui internet lebih mudah, walaupun posisi computer yang berada dibelakang Firewall. Kemudahan menginstall software tidak serumit melakukan setup VPN, dan setiap anggota atau teman teman anda akan memiliki nama unik dan IP tersendiri yang diberikan oleh Hamachi software. Antar pemakai Hamachi dapat melakukan sharing file, remote desktop atau dijadikan koneksi antar rekan untuk bermain game walaupun tanpa Public IP. Kemampuan software Hamachi memang ditujukan dengan fungsi khusus yaitu memberikan IP tersendiri. Tetapi contoh diatas hanya beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan bersama software Hamchi.

Untuk penutup, Hamachi adalah software yang sangat berguna dengan tujuan khusus. Tambahan untuk pemberian password dan tidak mengijinkan user lain untuk tidak masuk menjadi anggota sebuah network sangat membantu keamanan pada IP yang dibuat oleh Hamachi software. – Obengware, dengan sedikit modifikasi –

 

Tags: ,

6 pemikiran pada “Hamachi

  1. Salam kenal..Saya anton,sy IT kacangan jg d ktr,krn ga ada divisi IT,jd sy yg jd cowo panggilan kl ada troble,sy jg mo posting hamachi di blog,tp ga sempet,eh nemu yg bagus dsini.Mo nanya,kl ada eror vpn problem tunnel di hamachi,solusinya gmana ya?

  2. ane pake logmein trus ane sempet liat juga ada logmein hamachi bedanya logmein ama logmein hamachi itu apa bozz

  3. Mohon pencerahannya Gan.. gmn cara set permission (auto-trusted) di komputer target. di Com Ane muncul yg tanda kuning gan..?

    1. wah maap udah lama ga main hamachi lagi gan. Tapi dulu pernah setting kalau nggak salah di bagian group setting ada deh supaya semua klien yg ditambakan bisa auto-trusted.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s