Rokok Makruh Hukumnya!

Health, Information, Islam

PADANG – Setelah menjalani persidangan yang alot, akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait rokok. Secara umum MUI memfatwa, rokok makruh hukumnya.

Hukum makruh dalam pengertian, akan mendapatkan pahala jika ditinggalkan, tidak berdosa jika dilakukan. Sementara di sisi lain MUI jaga memfatawakan rokok haram dilakukan untuk anak-anak, wanita hamil, ulama MUI dan merokok di tempat-tempat umum.

Menurut Ketua MUI Pusat, Ma’ruf Amin, keputusan ini dikeluarkan setelah sidang pleno Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia III di aula Perguruan Diniyyah Puteri, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Minggu (25/1/2009).

Sementara Pimpinan sidang Komisi B-1 Amin Suma mengatakan umat tidak perlu bingung dengan fatwa MUI tersebut. “Hukum merokok itu telah jelas, antara makruh dan mubah. Artinya, serendah-rendahnya makruh dan setinggi-tingginya mubah,” katanya.

Amin menambahkan fatwa merokok dapat kembali lagi dibahas dalam Ijtima Komisi Fatwa MUI yang bakal digelar dua tahun lagi. “Tidak ada fatwa yang abadi, fatwa bisa berubah sama halnya dengan UUD, yang bisa diamandemen,” tegasnya.

sumber: disini

Revisi terus deh tu fatwa, udah kayak kurikulum aja tiap bulan direvisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s