Jakarta Kebanjiran

Information

Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ribut

rumah ane kebakaran. Gara-gara kompor mleduk

Itulah sepenggal lirik lagu dari almarhum bang Ben(baca:Benyamin). Lagunya sih udah lama banget, tapi kenyataan kata dalam lirik tersebut, ‘Jakarta Kebanjiran’ akan terus menjadi mimpi buruk bagi penduduk khususnya wilayah jakarta. Sampah-sampah yang menggenang di kali, banyaknya pemukiman kumuh di bantaran sungai, dan daerah resapan air yang makin berkurang karena pembangunan gedung-gedung bertingkat dan apartemen yang megah bernilai ratusan milyaran rupiah agaknya akan menjadikan daerah kota Jakarta menjadi pusat kota metropolitan sekaligus sebagai pusat kota banjir.

Bagaimana pemerintah mencermati masalah ini? menurut saya pemerintah hanya berusaha untuk mengevakuasi korban dan memberikan bantuan untuk korban banjir. Padahal bukan hanya itu yang musti dilakukan, melainkan membenahi ruang tatakota, mengatur daerah resapan air yang baik, memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya membuang sampah sembarangan dan penyakit-penyakit yang dapat timbul dari banjir.

toh dalam konteksnya pemerintah hanya memberikan pengobatan, bukan pencegahan. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai warga DKI Jakarta untuk menangani masalah yang hampir tiap tahunnya mampir di didepan pintu rumah kita ini? mulailah dari diri kita sendiri, jangan membuang sampah sembarangan!

3 pemikiran pada “Jakarta Kebanjiran

  1. AKU CINTA JAKARTA. JAGA LAH KEBERSIHAN. BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA. SALING GOTONG ROYONG. MASING2 DAERAH. KITA INGIN JAKARTA DAN SEKITARNYA. BEBAS BANJIR. I LOVE YOU. JAKARTA.

  2. Jakarta tidak dirancang untuk bebas dari Banir…jadi sudah wajar saja kalau sampai banjir.
    Selain itu perilaku orang jakarta yang buruk dan tidak perduli dengan lingkungan juga mendukung terjadinya banjir yang semakin parah.
    Jakarta yang semakin Parah…

    1. Andai saja pemerintah kita memperhatikan tentang sanitasi dan daerah resapan air kemudian masyarakatpun sadar akan bahaya membuang sampah sembarangan niscaya jakarta pasti akan bebas banjir🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s