Perubahan Jam Masuk Sekolah

Information

Mulai 1 Januari 2009, Jam sekolah yang biasanya dimulai dari jam 7.00 diubah menjadi 30 menit lebih awal, pukul 6.30. Keputusan ini menuai banyak kritikan pro dan kontra. Meskipun demikian, diharapkan kebijakan ini disosialisasikan terlebih dahulu selama beberapa bulan untuk kemudian dapat dijadikan pertimbangan memajukan jam sekolah tersebut.

Menurut wakil gubernur DKI Jakarta, Prijanto. Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dengan merubah jam masuk untuk anak-anak sekolah. Diantaranya adalah:

  1. Solusi untuk mengurangi kemacetan (mudah-mudahan), karena menurut data TMC (Traffic Management Centre), pengguna kendaraan yang menuju ke sekolah mencapai 14%
  2. Membuat anak untuk lebih kreatif (wtf??). Alasannya dengan bangun pagi dan pergi menuju sekolah sebelum banyak kendaraan (baca:macet) dapat membuat siswa lebih segar dan siap menjalankan aktifitas belajarnya dengan baik

Perubahan jam masuk sekolah ini memicu perubahan jam masuk untuk karyawan yang bekerja di kantor-kantor swasta. Menurut Tubagus Haryo Karbyanto (anggota Dewan Transportasi Kota Jakarta), kalau memang serius ingin mengatasi kemacetan, Pemprov juga semestinya membuat kebijakan yang lebih tegas untuk kantor-kantor swasta terkait jam masuk. “Jangan sifatnya hanya berupa imbauan. Kalau imbauan kan bisa diikuti bisa tidak,” kata Tubagus. Dalam rencana yang dirancang Pemprov, jam masuk kantor swasta berbeda-beda berdasarkan wilayah. Namun penetapan jam masuk untuk kantor swasta ini hanya bersifat imbauan.

Lalu kesimupulannya?

Satu pemikiran pada “Perubahan Jam Masuk Sekolah

  1. Aku setuju soalnya abis ekskul aku suka pulang sore… kejebak macet deh ma yg pulang kantor. gitu juga kalo pagi selalu bareng ma oom & tante yang ngantor. Setuju majuin aja jadi gak kejeduk ma yang ngantor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s